PENGABDIAN MASYARAKAT BEM FKIP UHAMKA
PENGABDIAN MASYARAKAT BEM FKIP UHAMKA

PENGABDIAN MASYARAKAT BEM FKIP UHAMKA

Aksi Kemanusiaan adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau instansi yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

BEM FKIP UHAMKA bersama DPM FKIP UHAMKA dan teman-teman FKIP KM UHAMKA telah selesai melakukan program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2022 yang bertempat di Kampung Citugu, Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Pada kesempatan kali ini beberapa aktivitas yang di lakukan pada program pengabdian BEM FKIP UHAMKA seperti pendidikan, ekonomi, ekowisata, kebencanaan, dan kesehatan.

Alhamdulillah kedatangan kami dapat diterima dengan hangat olah warga sekitar Kampung Citugu, Desa Puraseda, “Program ini sangat bagus karena dapat menyentuh langsung dengan masyarakat dan memberikan nilai-nilai catur dharma pendidikan. Alhamdulillah semoga apa yang dilakukan oleh teman-teman BEM FKIP UHAMKA dapat dibalas baik oleh Allah swt.” Ujar pak Ikra salah satu warga Kampung Citugu, Desa Puraseda. Kegiatan ini tidak hanya di ikuti oleh remaja, orangtua pun ikut belajar bersama kami.

Aktivitas pengajaran sengaja kami fokuskan karena memang kurangnya pendidikan didaerah Desa Puraseda serta minimnya jumlah pengajar dan juga fasilitas yang memadai untuk mereka yang ingin mengenyam pendidikan. Antusias belajar mereka membuat kami tergerak sebagai mahasiswa untuk mengisi peran dalam hal ini, kegiatan pengajaran ini tak hanya diikuti oleh remaja hingga orang tua mereka pun turut belajar bareng bersama kami.

Selain itu, kami juga ada kegiatan untuk membagikan makanan kepada warga sekitar Kampung Citugu, Desa Puraseda sebanyak 1.200 makanan siap saji kepada 400 kepala keluarga di Kampung tersebut.

Semoga dengan adanya program Aksi Kemanusiaan ini dapat menjadikan semangat untuk teman-teman mahasiswa lainnya untuk ikut tergerak dan tersadar bahwa masih banyak masyarakat indonesia yang sangat membutuhkan peran kita sebagai mahasiswa. Kemudian tidak lupa juga kami mengucapkan kepada seluruh lembaga FKIP KM UHAMKA yang telah mengikuti kegiatan ini dan juga kepada LPPM, LAZISMU, LAZISMU UHAMKA, MQUA, dan PT Utama yang telah melakukan kerja sama serta memberikan bantuan dana untuk progam Aksi Kemanusiaan ini, semua bantuan ini sangat bermanfaat untuk warga sekitar Kampung Citugu, Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *